Mark Hanusz & Pramoedya Ananta Toer: Esai-Esai Kebudayaan by Mohamad Sobary



Sinopsis :

SEPOTONG ESAI ditulis karena ada persoalan yang bergejolak dalam perasaan dan pikiran si penulis. Dengan demikian, esai merupakan pandangan atau ekspresi pribadi si penulis atas satu persoalan yang merangsang batinnya.

Namun esai bukanlah tulisan ilmiah yang kaku dan dingin. Ia lebih merupakan prosa pendek yang mengandung elemen-elemen sastra: ditulis dengan melibatkan emosi serta memperhatikan kesegaran dan kelincahan berbahasa. Bagus tidaknya esai juga bergantung pada kebaruan atau ketakterdugaan tilikan si penulis atas satu persoalan. Seorang penulis yang hidup dalam denyut nadi masyarakatnya, biasanya memiliki tilikan yang lebih segar dan tak terduga.

Dengan rumusan seperti itu, maka esai semestinya ditulis bukan sekadar sebagai pelipur duka lara bagi pembaca layaknya permen lolipop, atau sebagai suatu klangenan. Ia juga harus mampu menjadi penjaga akal sehat pembaca atas satu persoalan dan bagaimana persoalan itu bisa diselesaikan dengan baik.

Mohamad Sobary kiranya sangat berbahagia tinggal di Indonesia. Banyak persoalan di negeri ini yang merangsang dia untuk melahirkan esai-esai. Tersaji dalam buku ini kumpulan esai terpilih Kang Sobary, demikian dia biasa disapa. Cakrawala persoalan yang diangkat sangat luas, mulai dari soal perlawanan petani tembakau Temanggung, hakikat puasa, sampai soal presiden mantu. Kelincahan bahasa serta ketakterdugaan tilikannya membuktikan bahwa Kang Sobary tetap menjadi satu dari sedikit penulis esai terbaik di Tanah Air



Download Rushing



IDN PDF: Mark Hanusz & Pramoedya Ananta Toer: Esai-Esai Kebudayaan by Mohamad Sobary Terima Kasih Sudah Berkunjung Di Blog Kami, Jangan Lupa Untuk Like Dan Bagikan. Untuk Cara Download Silahkan Klik Di Sini Cara Download

Dapatkan Artikel Terbaru Via Email Ketika Kami Update:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel